stadion manchester united

OLD TRAFFORD - The Theatre of Dreams -


Bagi football freaks di seluruh dunia, stadion Old Trafford, kandang dari klub Manchester United tentu tidak asing lagi di dengar. Di bangun pada tahun 1909 dan diresmikan pada tanggal 19 Februari 1910. Dengan biaya 60.000 pound, nilai yang sangat besar pada masa itu, pada saat itu stadion tersebut dapat menampung 80.000 penonton.

Old Trafford pernah hancur lebur terkena hantaman bom pada saat perang dunia ke II berlangsung, akibat peristiwa tersebut Manchester United pun pernah untuk sementara mengungsi ke kandang rival mereka sesama Manchester, yaitu Manchester City di stadion Maine Road selama 3 tahun.

Kalau Liverpudlian mempunyai The Kop Stand yang di isi oleh para Fans Liverpool yang selalu bernyayi "You'll Never Walk Alone" untuk mengintimidasi tim lawan, maka Old Trafford memiliki Stretford End, yang berada di bagian barat Old Trafford, di sisi ini lebih dari 20.000 die hard fans united tidak henti - hentinya memberikan dukungan untuk para pemain dan bisa di bilang merupakan kelompok suporter dengan suara terlantang di Inggris , bahkan suara Jumbo Jet sekalipun kalah berisik di bandingkan dengan suara pendukung Manchester United di Stretford End.

Apabila di bagian barat tempatnya para die hard fans Manchester United berada, maka di bagian utara adalah pusatnya dari sejarah Manchester United. Di bangun dengan biaya 19 Juta Pounds, di sinilah berdiri dengan megah Museum Manchester United dan juga ruang piala yang sangat mewah, selain itu Red Café restaurant pun berada di sini.

Bagian selatan adalah bagian terkecil dari Old Traffod, tapi di bagian ini di isi oleh orang - orang penting, yaitu bangku cadangan pemain, board of director, ruangan pers, para tamu khusus dan di bagian ini berdiri pula restaurant mewah.

Bagian timur, di bagian ini pada awalnya berdiri para die hard fans Manchester United, namun sekarang bagian ini di alokasikan untuk suporter tim tamu, bagian ini juga pernah di sebut sebagai scoreboard end, karena papan skor dengan ukuran besar pernah berada di sini sebelum akhirnya di pindahkan di akhir tahun 1960 - an, pada saat papan skor elektronik mulai di gunakan.

Selain di dalam stadion, kemewahan Old Trafford pun dapat di rasakan hingga keluar stadion, salah satunya adalah stasiun kereta Old Trafford, yang ini sedikit unik sekaligus mengagumkan, karena stasiun kereta ini hanya di buka pada hari pertandingan dan di fungsikan untuk memudahkan para fans mencapai stadion, pada hari - hari biasa, apabila tidak ada pertandingan, maka stasiun ini di tutup.

The Theatre of Dreams, itulah julukan yang di berikan oleh Sir Bobby Charlton untuk Old Trafford. Tidak di ragukan lagi Old Trafford adalah salah satu stadion termegah yang pernah ada di dunia dan eropa khususnya. Setelah mengalami banyak renovasi, kapasitas terakhir Old Trafford saat ini adalah 76.212 penonton dan jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah.
"The most handsome, the most spacious and the most remarkable arena I have ever seen. As a football ground it is unrivalled in the world, it is an honour to Manchester and the home of a team who can do wonders when they are so disposed" - Sporting Chronicle -